pengertian thaharah menurut bahasa dan istilah

Halo selamat datang di “daewoong.co.id”

Selamat datang di artikel kami yang akan membahas tentang pengertian thaharah menurut bahasa dan istilah. Dalam Islam, thaharah adalah salah satu prinsip penting yang harus dipahami oleh setiap Muslim. Dalam artikel ini, kami akan memberikan penjelasan yang lengkap dan detail tentang pengertian thaharah, baik dari segi bahasa maupun istilah. Mari kita simak penjelasannya!

Pendahuluan

Pertama-tama, kita perlu memahami arti dari kata “thaharah” itu sendiri. Secara bahasa, thaharah berasal dari kata “tahara” yang berarti suci. Dalam konteks agama, thaharah merujuk pada kebersihan dan kesucian baik secara fisik maupun spiritual. Dalam Islam, thaharah memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kebersihan diri dan menjaga hubungan dengan Tuhan.

Thaharah dibagi menjadi dua jenis, yaitu thaharah kecil (thaharah hadats kecil) dan thaharah besar (thaharah hadats besar). Thaharah kecil berkaitan dengan hal-hal kecil seperti wudhu dan bersuci setelah buang air kecil atau besar. Sedangkan thaharah besar berkaitan dengan hal-hal besar seperti mandi junub setelah berhubungan suami istri atau menstruasi.

Thaharah memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi agar dianggap sah, antara lain:

Syarat Thaharah Keterangan
Niat Thaharah harus dilakukan dengan niat yang tulus untuk membersihkan diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Memakai Air Thaharah harus menggunakan air yang bersih dan murni.
Menggunakan Tangan Kanan Thaharah harus dilakukan dengan menggunakan tangan kanan.
Mengulangi Pembersihan Thaharah harus dilakukan dengan mengulangi pembersihan sampai bersih.

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Thaharah Menurut Bahasa dan Istilah

Thaharah memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kita ketahui. Berikut adalah penjelasan mengenai hal tersebut:

1. Kelebihan Thaharah

a. Membersihkan Diri: Thaharah memungkinkan kita untuk membersihkan diri dari kotoran fisik dan spiritual.

b. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT: Thaharah merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

c. Meraih Pahala: Thaharah merupakan ibadah yang diakui oleh Allah SWT dan akan mendapatkan pahala jika dilakukan dengan ikhlas.

d. Mencegah Penyakit: Thaharah dapat membantu mencegah penyebaran penyakit akibat kurangnya kebersihan.

e. Menjaga Martabat: Dengan menjaga thaharah, kita dapat menjaga martabat diri sebagai seorang Muslim.

f. Menjaga Kebersihan: Thaharah juga berfungsi sebagai upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita.

g. Meningkatkan Kualitas Ibadah: Thaharah yang baik dapat meningkatkan kualitas ibadah kita.

2. Kekurangan Thaharah

a. Memakan Waktu: Tidak dapat dipungkiri bahwa thaharah memakan waktu yang cukup lama, terutama pada saat melakukan mandi besar.

b. Membuat Repot: Kadang-kadang, thaharah dapat membuat kita merasa repot karena harus mencari air bersih dan tempat yang layak untuk melakukan thaharah.

c. Menghabiskan Energis: Thaharah menggunakan energi kita yang seharusnya dapat digunakan untuk kegiatan lain.

d. Memerlukan Perhatian dan Konsentrasi: Thaharah harus dilakukan dengan penuh perhatian dan konsentrasi agar sah.

e. Tidak Dapat Dilakukan di Sembarang Tempat: Thaharah harus dilakukan di tempat yang layak dan bersih.

f. Memerlukan Peralatan Tambahan: Kadang-kadang, thaharah memerlukan peralatan tambahan seperti sabun atau sikat gigi yang harus dibawa secara teratur.

g. Tidak Dapat Dilakukan dalam Keadaan Sakit: Jika seseorang sedang sakit atau tidak mampu bergerak, thaharah menjadi sulit dilakukan.

Tabel Pengertian Thaharah Menurut Bahasa dan Istilah

Thaharah Pengertian
Thaharah Kebersihan dan kesucian baik secara fisik maupun spiritual dalam konteks agama Islam.
Thaharah Kecil Thaharah yang berkaitan dengan hal-hal kecil seperti wudhu dan bersuci setelah buang air kecil atau besar.
Thaharah Besar Thaharah yang berkaitan dengan hal-hal besar seperti mandi junub setelah berhubungan suami istri atau menstruasi.
Syarat Thaharah Thaharah harus dilakukan dengan niat yang tulus, menggunakan air yang bersih, menggunakan tangan kanan, dan mengulangi pembersihan sampai bersih.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa beda antara thaharah kecil dan thaharah besar?

Thaharah kecil berkaitan dengan hal-hal kecil seperti wudhu dan bersuci setelah buang air kecil atau besar. Thaharah besar berkaitan dengan hal-hal besar seperti mandi junub setelah berhubungan suami istri atau menstruasi.

2. Mengapa thaharah penting dalam Islam?

Thaharah penting dalam Islam karena thaharah merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan diri, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan meningkatkan kualitas ibadah.

3. Apa saja syarat thaharah?

Thaharah harus dilakukan dengan niat yang tulus, menggunakan air yang bersih, menggunakan tangan kanan, dan mengulangi pembersihan sampai bersih.

4. Bagaimana jika tidak ada air bersih untuk thaharah?

Jika tidak ada air bersih, kita dapat menggunakan tisu atau benda lain yang bersih sebagai pengganti air untuk thaharah.

5. Bagaimana jika seseorang tidak mampu melakukan thaharah karena sakit?

Jika seseorang sedang sakit atau tidak mampu bergerak, dia diharapkan untuk melakukan tayammum sebagai pengganti thaharah menggunakan air.

6. Apakah thaharah hanya dilakukan oleh Muslim?

Thaharah secara khusus diajarkan dalam agama Islam, namun konsep kebersihan dan kesucian juga ada dalam agama-agama lain.

7. Apakah thaharah dapat membantu mencegah penyebaran penyakit?

Ya, thaharah dapat membantu mencegah penyebaran penyakit karena thaharah melibatkan pembersihan diri secara menyeluruh.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas pengertian thaharah menurut bahasa dan istilah. Thaharah adalah kebersihan dan kesucian baik secara fisik maupun spiritual dalam konteks agama Islam. Thaharah memiliki kelebihan dan kekurangan, namun sangat penting dalam menjaga kebersihan diri, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan meningkatkan kualitas ibadah. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pemahaman kita tentang thaharah.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang pengertian thaharah, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu Anda!

Daewoong.co.id – Sumber Informasi Terpercaya

Disclaimer: Artikel ini disusun untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran agama resmi. Untuk informasi lebih lanjut tentang thaharah, disarankan untuk mengonsultasikan dengan ahli agama atau ulama terpercaya.