pengertian strategi pembelajaran menurut para ahli

Halo, Selamat Datang di daewoong.co.id

Strategi pembelajaran merupakan hal penting dalam dunia pendidikan. Melalui strategi pembelajaran yang tepat, proses transfer pengetahuan dan pemahaman kepada peserta didik dapat berlangsung dengan efektif dan efisien. Para ahli pendidikan telah mempelajari dan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran yang dapat digunakan oleh pendidik dalam proses belajar mengajar. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian strategi pembelajaran menurut para ahli dengan detail dan lengkap.

Pendahuluan

Strategi pembelajaran adalah rencana atau metode yang digunakan oleh pendidik dalam mengatur dan menyajikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Strategi ini mencakup langkah-langkah yang dilakukan oleh pendidik dalam mengajar agar peserta didik dapat memahami, mengingat, dan mengaplikasikan materi pembelajaran dengan baik. Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, penting bagi para pendidik untuk memahami pengertian strategi pembelajaran menurut para ahli.

Menurut Richard E. Mayer, seorang ahli psikologi dan pendidikan, strategi pembelajaran adalah metode atau cara yang sistematik untuk mengajar yang dirancang berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran efektif. Hal ini melibatkan penggunaan berbagai teknik seperti penggunaan gambar, teks, animasi, video, dan kontekstualisasi materi pembelajaran agar peserta didik dapat memperoleh pemahaman yang mendalam dan dapat mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam situasi nyata.

Sementara itu, menurut John Hattie, seorang ahli pendidikan dari Australia, strategi pembelajaran adalah cara atau teknik yang digunakan oleh pendidik untuk mengajar dan membantu peserta didik mencapai hasil belajar yang diinginkan. Hattie mengidentifikasi beberapa strategi pembelajaran yang efektif, seperti memberi umpan balik (feedback) yang baik, memberikan tugas yang menantang, dan membantu peserta didik dalam memahami tujuan pembelajaran.

Berdasarkan penelitian oleh Marzano dan Pickering, strategi pembelajaran adalah serangkaian langkah yang dilakukan oleh pendidik dalam mengajar agar peserta didik dapat mengembangkan pemahaman dan keterampilan yang diinginkan. Strategi ini mencakup perencanaan pembelajaran, penyajian materi pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar peserta didik. Marzano dan Pickering mengemukakan beberapa strategi pembelajaran yang efektif, seperti pemberian umpan balik (feedback) yang spesifik, penggunaan istilah-istilah analogi, dan penggunaan kartu pertanyaan atau flashcards.

Demikianlah pengertian strategi pembelajaran menurut beberapa ahli pendidikan terkemuka. Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan pengertian strategi pembelajaran menurut para ahli, serta tabel yang berisi informasi lengkap mengenai hal tersebut.

Kelebihan Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

1. Meningkatkan pemahaman peserta didik: Strategi pembelajaran yang baik dapat membantu peserta didik memahami materi pembelajaran dengan lebih baik. Penggunaan teknik-teknik yang bervariasi dan interaktif dapat membuat peserta didik lebih aktif dalam belajar dan dengan demikian, pemahaman mereka meningkat.

2. Meningkatkan motivasi belajar: Dengan menggunakan strategi pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, motivasi belajar peserta didik dapat meningkat. Peserta didik akan lebih termotivasi untuk belajar ketika mereka merasa terlibat dan tertantang dalam proses pembelajaran.

3. Meningkatkan keterampilan berpikir dan problem solving: Strategi pembelajaran yang baik dapat membantu peserta didik mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan problem solving. Misalnya, dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah atau project-based learning, peserta didik diajak untuk berpikir kritis dan mencari solusi atas masalah atau proyek yang diberikan.

4. Mendorong kerja sama dan interaksi antar peserta didik: Beberapa strategi pembelajaran, seperti pembelajaran kooperatif atau diskusi kelompok, mendorong peserta didik untuk bekerja sama dan berinteraksi dengan teman sekelasnya. Hal ini dapat membantu peserta didik mengembangkan keterampilan sosial dan kerja sama dalam kelompok.

5. Meningkatkan kesenangan dan minat terhadap pembelajaran: Strategi pembelajaran yang menarik dan bervariasi dapat meningkatkan kesenangan dan minat peserta didik terhadap pembelajaran. Ketika peserta didik merasa tertarik dan senang, mereka akan lebih termotivasi dalam belajar dan hasil belajar pun menjadi lebih baik.

6. Memudahkan pemahaman konsep abstrak: Beberapa konsep atau materi pembelajaran dapat dirasakan sebagai abstrak oleh peserta didik. Dalam hal ini, strategi pembelajaran yang baik dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep-konsep tersebut melalui penggunaan analogi, contoh konkret, atau visualisasi yang lebih mudah dipahami.

7. Menumbuhkan kemampuan diri dan bertanggung jawab: Strategi pembelajaran yang memberikan ruang bagi peserta didik untuk bertanggung jawab atas pembelajaran mereka dapat membantu mereka mengembangkan rasa percaya diri dan kemampuan mengatur diri. Melalui strategi seperti pembelajaran mandiri atau proyek individu, peserta didik diajak untuk mengambil inisiatif dan bertanggung jawab atas proses pembelajaran mereka.

Kekurangan Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

1. Memerlukan persiapan yang matang: Implementasi strategi pembelajaran yang efektif memerlukan persiapan yang matang dari pendidik. Pendidik perlu memahami dengan baik strategi yang akan digunakan dan merencanakan dengan baik langkah-langkah yang akan dilakukan dalam pembelajaran.

2. Memerlukan waktu yang cukup: Strategi pembelajaran yang efektif seringkali memerlukan waktu yang cukup untuk mempersiapkan dan melaksanakan setiap langkah pembelajaran. Ini dapat menjadi tantangan bagi pendidik yang memiliki banyak tugas dan tanggung jawab lain di luar proses pembelajaran.

3. Memerlukan penyesuaian dengan kebutuhan peserta didik: Setiap peserta didik memiliki gaya belajar dan kebutuhan pembelajaran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pendidik perlu mampu menyesuaikan strategi pembelajaran yang digunakan dengan kebutuhan individual peserta didik agar proses pembelajaran efektif.

4. Menuntut keterampilan teknologi yang memadai: Beberapa strategi pembelajaran menggunakan teknologi digital, seperti penggunaan multimedia atau platform pembelajaran online. Implementasi strategi semacam ini memerlukan keterampilan teknologi yang memadai dari pendidik.

5. Tidak semua strategi cocok untuk semua topik: Beberapa strategi pembelajaran mungkin lebih efektif digunakan untuk topik-topik tertentu. Oleh karena itu, pendidik perlu memilih dan mengkombinasikan strategi yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran dan konten yang akan disampaikan.

6. Memerlukan pengawasan dan evaluasi yang kontinu: Penggunaan strategi pembelajaran yang efektif memerlukan pengawasan dan evaluasi yang kontinu dari pendidik. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa strategi yang digunakan dapat memberikan hasil belajar yang diinginkan dan dapat disesuaikan jika diperlukan.

7. Mungkin tidak efektif bagi semua peserta didik: Meskipun strategi pembelajaran yang digunakan dianggap efektif, belum tentu dapat memberikan hasil yang sama bagi semua peserta didik. Setiap peserta didik memiliki karakteristik dan gaya belajar yang berbeda-beda, sehingga respons terhadap strategi pembelajaran dapat bervariasi.

Tabel Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

No Nama Ahli Definisi/Deskripsi
1 Richard E. Mayer Metode atau cara yang sistematik untuk mengajar yang dirancang berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran efektif
2 John Hattie Cara atau teknik yang digunakan oleh pendidik untuk mengajar dan membantu peserta didik mencapai hasil belajar yang diinginkan
3 Marzano dan Pickering Serangkaian langkah yang dilakukan oleh pendidik dalam mengajar agar peserta didik dapat mengembangkan pemahaman dan keterampilan yang diinginkan

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang dimaksud dengan strategi pembelajaran?

Strategi pembelajaran adalah rencana atau metode yang digunakan oleh pendidik dalam mengatur dan menyajikan materi pembelajaran kepada peserta didik.

2. Mengapa strategi pembelajaran penting dalam proses belajar mengajar?

Strategi pembelajaran penting karena dapat meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar dan hasil belajar peserta didik.

3. Apa saja kelebihan penggunaan strategi pembelajaran yang efektif?

Beberapa kelebihan penggunaan strategi pembelajaran yang efektif antara lain meningkatkan pemahaman peserta didik, meningkatkan motivasi belajar, dan meningkatkan keterampilan berpikir dan problem solving.

4. Apa saja kekurangan penggunaan strategi pembelajaran yang efektif?

Beberapa kekurangan penggunaan strategi pembelajaran yang efektif antara lain memerlukan persiapan yang matang, memerlukan waktu yang cukup, dan memerlukan penyesuaian dengan kebutuhan peserta didik.

5. Apa saja strategi pembelajaran yang efektif menurut para ahli?

Beberapa strategi pembelajaran yang efektif menurut para ahli antara lain pemberian umpan balik yang baik, penggunaan istilah-istilah analogi, dan penggunaan kartu pertanyaan atau flashcards.

6. Apa yang harus dilakukan jika strategi pembelajaran tidak efektif bagi peserta didik?

Jika strategi pembelajaran tidak efektif bagi peserta didik, pendidik perlu melakukan evaluasi dan penyesuaian yang diperlukan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

7. Apakah setiap strategi pembelajaran cocok untuk semua peserta didik?

Tidak, setiap peserta didik memiliki karakteristik dan gaya belajar yang berbeda-beda, sehingga respons terhadap strategi pembelajaran dapat bervariasi.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, strategi pembelajaran adalah rencana atau metode yang digunakan oleh pendidik dalam mengatur dan menyajikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Pengertian strategi pembelajaran menurut para ahli mencakup penggunaan teknik-teknik yang bervariasi dan interaktif, pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, serta evaluasi dan penyesuaian yang kontinu. Meskipun strategi pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan, penggunaannya yang tepat akan membantu meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar dan hasil belajar peserta didik.

Untuk lebih memahami pengertian strategi pembelajaran menurut para ahli, dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

No Nama Ahli Definisi/Deskripsi
1 Richard E. Mayer Metode atau cara yang sistematik untuk mengajar yang dirancang berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran efektif
2 John Hattie Cara atau teknik yang digunakan oleh pendidik untuk mengajar dan membantu peserta didik mencapai hasil belajar yang diinginkan
3 Marzano dan Pickering Serangkaian langkah yang dilakukan oleh pendidik dalam mengajar agar peserta didik dapat mengembangkan pemahaman dan keterampilan yang diinginkan

Jadi, penting bagi para pendidik untuk memahami dan mengimplementasikan strategi pembelajaran yang efektif agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan hasil belajar peserta didik dapat tercapai.

Ayo, terapkanlah strategi pembelajaran yang tepat dan bantu peserta didik mencapai potensi belajar mereka yang maksimal!

Pesan sponsor: Untuk informasi lebih lanjut mengenai strategi pembelajaran dan pendidikan, kunjungi website kami di www.daewoong.co.id.

Disclaimer: Artikel ini hanya merupakan sumber informasi dan pengetahuan umum. Untuk implementasi strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan individual, konsultasikan dengan ahli pendidikan yang kompeten.