pengertian sistem informasi geografis menurut para ahli

Halo Selamat Datang di daewoong.co.id

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, sistem informasi geografis (SIG) menjadi salah satu hal yang penting dalam dunia digital. SIG atau Geographic Information System (GIS) adalah sistem yang berfungsi untuk mengumpulkan, mengelola, menganalisis, dan menyajikan data yang terkait dengan lokasi geografis. Apa sebenarnya pengertian sistem informasi geografis menurut para ahli? Mari kita simak penjelasan dari berbagai ahli di bidang ini.

Para Ahli dalam Bidang Sistem Informasi Geografis

Para ahli memiliki pandangan yang berbeda mengenai pengertian sistem informasi geografis. Berikut adalah beberapa pengertian dari para ahli di bidang ini:

1. Roger Tomlinson

Roger Tomlinson, dikenal sebagai “Bapak Sistem Informasi Geografis”, mendefinisikan SIG sebagai sistem yang mengintegrasikan perangkat keras, perangkat lunak, dan data geografis untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, menganalisis, dan mempresentasikan informasi geografis.

2. Michael F. Goodchild

Michael F. Goodchild menyatakan bahwa SIG adalah sebuah sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data, metode, dan manusia yang bekerja sama untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan memvisualisasikan informasi geografis.

3. Paul A. Longley

Menurut Paul A. Longley, SIG adalah sekumpulan alat dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, memanipulasi, dan memvisualisasikan data yang terkait dengan lokasi geografis.

4. Ian Heywood

Menurut Ian Heywood, SIG adalah seperangkat instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, mengolah, menganalisis, dan mempresentasikan informasi geografis.

5. Jay D. Gatrell

Jay D. Gatrell mendefinisikan SIG sebagai sistem yang dirancang untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan memvisualisasikan informasi yang mewakili objek di bumi dan hubungan spasial antar objek tersebut.

6. Magaly Koch

Magaly Koch menyatakan bahwa SIG adalah sebuah sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data, dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan mempresentasikan informasi berbasis lokasi.

7. Nancy Obermeyer

Nancy Obermeyer mendefinisikan SIG sebagai sistem yang menggabungkan teknologi komputer dengan data geografis untuk mendukung pengambilan keputusan dan pemecahan masalah dalam lingkungan geografis.

No. Ahli Definisi
1 Roger Tomlinson Sistem yang mengintegrasikan perangkat keras, perangkat lunak, dan data geografis untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, menganalisis, dan mempresentasikan informasi geografis.
2 Michael F. Goodchild Sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data, metode, dan manusia yang bekerja sama untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan memvisualisasikan informasi geografis.
3 Paul A. Longley Sekumpulan alat dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, memanipulasi, dan memvisualisasikan data yang terkait dengan lokasi geografis.
4 Ian Heywood Seperangkat instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, mengolah, menganalisis, dan mempresentasikan informasi geografis.
5 Jay D. Gatrell Sistem yang dirancang untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan memvisualisasikan informasi yang mewakili objek di bumi dan hubungan spasial antar objek tersebut.
6 Magaly Koch Sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data, dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan mempresentasikan informasi berbasis lokasi.
7 Nancy Obermeyer Sistem yang menggabungkan teknologi komputer dengan data geografis untuk mendukung pengambilan keputusan dan pemecahan masalah dalam lingkungan geografis.

FAQ tentang Sistem Informasi Geografis

1. Apa itu sistem informasi geografis?

Sistem informasi geografis (SIG) adalah sistem yang berfungsi untuk mengumpulkan, mengelola, menganalisis, dan menyajikan data yang terkait dengan lokasi geografis.

2. Apa kegunaan sistem informasi geografis?

SIG digunakan dalam berbagai bidang, seperti perencanaan kota, pengelolaan sumber daya alam, pemetaan, pemantauan lingkungan, transportasi, dan banyak lagi.

3. Bagaimana SIG dapat membantu pengambilan keputusan?

SIG dapat membantu pengambilan keputusan dengan menyediakan informasi yang berhubungan dengan lokasi geografis, sehingga dapat membantu dalam menganalisis data dan memahami hubungan spasial antara objek.

4. Apa saja komponen utama dalam SIG?

Komponen utama dalam SIG meliputi perangkat keras, perangkat lunak, data geografis, serta metode dan teknik untuk mengumpulkan, memanipulasi, dan menganalisis data.

5. Apakah ada kemungkinan kesalahan dalam analisis data SIG?

Ya, kesalahan dapat terjadi jika data yang digunakan tidak akurat atau jika metode analisis yang digunakan tidak tepat.

6. Apa perbedaan antara SIG dan peta?

Peta adalah representasi visual dari data geografis, sedangkan SIG adalah sistem yang dapat mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data tersebut.

7. Apakah SIG hanya menggunakan data geografis?

Ya, SIG fokus pada penggunaan data yang terkait dengan lokasi geografis.

8. Apa saja kelebihan SIG?

Kelebihan SIG antara lain adalah dapat melakukan analisis spasial yang kompleks, memvisualisasikan data dengan lebih jelas, dan memudahkan pengambilan keputusan berbasis lokasi.

9. Apa kekurangan SIG?

Beberapa kekurangan SIG meliputi tingginya biaya implementasi, kompleksitas dalam pengolahan data, dan adanya keterbatasan dalam penerimaan penggunaan teknologi ini.

10. Bagaimana cara memulai menggunakan SIG?

Untuk memulai menggunakan SIG, Anda perlu memiliki perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai, serta data geografis yang relevan dengan kebutuhan Anda.

11. Apakah ada pelatihan khusus dalam penggunaan SIG?

Ya, terdapat pelatihan khusus yang dapat membantu Anda dalam memahami dan menguasai penggunaan SIG.

12. Bagaimana SIG berkembang seiring dengan perkembangan teknologi?

SIG terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi, seperti penggunaan sensor satelit dan pengembangan algoritma analisis data.

13. Apakah SIG dapat digunakan dalam bidang kesehatan?

Ya, SIG juga dapat digunakan dalam bidang kesehatan, misalnya dalam pemetaan penyebaran penyakit atau penempatan fasilitas kesehatan.

Kesimpulan

Dari pengertian yang telah dijelaskan, dapat kita simpulkan bahwa sistem informasi geografis adalah sebuah sistem yang menggunakan perangkat keras, perangkat lunak, data, dan metode untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan memvisualisasikan informasi yang berhubungan dengan lokasi geografis. Sistem ini memiliki banyak kelebihan, seperti kemampuan melakukan analisis spasial yang kompleks, memvisualisasikan data dengan lebih jelas, dan memudahkan pengambilan keputusan berbasis lokasi. Namun, sistem ini juga memiliki kekurangan, seperti tingginya biaya implementasi dan kompleksitas dalam pengolahan data.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan sistem informasi geografis, Anda perlu mempertimbangkan dengan matang kebutuhan dan kemampuan Anda. Terdapat berbagai pelatihan yang dapat membantu Anda dalam memahami dan menguasai penggunaan sistem ini. Dengan menggunakan sistem informasi geografis, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan data geografis dan meningkatkan efisiensi dalam pengambilan keputusan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai sistem informasi geografis, silakan kunjungi situs resmi kami di www.daewoong.co.id

Disclaimer: Artikel ini disusun untuk keperluan SEO dan peningkatan ranking di mesin pencari Google. Informasi yang terdapat dalam artikel ini diambil dari sumber-sumber yang terpercaya, namun kami tidak bertanggung jawab atas keakuratan dan kelengkapan informasi dalam artikel ini. Pembaca diharapkan untuk melakukan penelitian lebih lanjut sebelum mengambil keputusan berdasarkan informasi yang terdapat dalam artikel ini.