pengertian puskesmas menurut permenkes

Kata-kata Pembuka

Halo selamat datang di daewoong.co.id, situs yang memberikan informasi seputar kesehatan dan pengobatan. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian Puskesmas menurut Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes). Puskesmas atau Pusat Kesehatan Masyarakat merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan primer yang sangat penting dalam menunjang sistem kesehatan di Indonesia. Dalam Permenkes, dijelaskan secara detail pengertian dan peran Puskesmas dalam memberikan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Simak penjelasan berikut untuk lebih memahami mengenai pengertian Puskesmas menurut Permenkes.

Pendahuluan

Berbicara tentang Puskesmas, tentunya kita perlu memahami definisi dan pengertian dari lembaga ini menurut Permenkes. Puskesmas adalah satu unit organisasi di bawah Dinas Kesehatan setiap Kabupaten dan Kota yang mempunyai tanggung jawab menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya. Puskesmas memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama dalam hal peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, dan pengobatan primer.

Menurut Permenkes Nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas, terdapat beberapa tujuan dari pendirian Puskesmas, antara lain:

  1. Memberikan pelayanan kesehatan yang mudah diakses, terjangkau, dan bermutu bagi masyarakat.
  2. Melaksanakan upaya kesehatan masyarakat secara holistik dan komprehensif.
  3. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan dan pemberdayaan kesehatan.
  4. Meningkatkan kerjasama lintas sektor dalam pembangunan kesehatan.
  5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

Permenkes juga mengatur tentang karakteristik Puskesmas, antara lain:

  1. Puskesmas harus memiliki minimal tenaga kesehatan dengan kompetensi yang sesuai.
  2. Puskesmas harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai dalam melaksanakan berbagai kegiatan kesehatan.
  3. Puskesmas harus melaksanakan program-program kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.
  4. Puskesmas harus bekerja sama dengan pihak lain seperti rumah sakit, Puskesmas lain, instansi terkait, dan masyarakat dalam melaksanakan program-program kesehatan.

Kelebihan dan Kekurangan

Setiap kebijakan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan konsep Puskesmas menurut Permenkes. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari pengertian Puskesmas menurut Permenkes:

  1. Puskesmas memberikan akses kesehatan yang mudah dijangkau oleh masyarakat, terutama di daerah yang sulit dijangkau oleh fasilitas kesehatan lainnya.
  2. Puskesmas menjadi garda terdepan dalam upaya promotif dan preventif untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan masyarakat.
  3. Puskesmas melaksanakan program-program kesehatan secara holistik, meliputi aspek kesehatan ibu dan anak, imunisasi, gizi, kesehatan reproduksi, penyakit menular dan tidak menular, serta kesehatan lingkungan.
  4. Puskesmas bekerja sama dengan pihak lain dalam melaksanakan tugas dan program-programnya, seperti berkoordinasi dengan rumah sakit, pusat kesehatan lainnya, serta lembaga terkait dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat.
  5. Puskesmas memberikan pelayanan kesehatan primer dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat.
  6. Puskesmas memiliki tenaga kesehatan yang kompeten dalam memberikan pelayanan kesehatan sesuai standar.
  7. Puskesmas juga memberikan pelayanan gawat darurat yang dapat menjadi pintu gerbang pertolongan pertama dalam keadaan darurat.

Namun, tentunya ada juga beberapa kekurangan dari konsep Puskesmas menurut Permenkes:

  1. Terbatasnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Puskesmas dalam melaksanakan tugas dan fungsi pelayanan kesehatan, terutama di daerah yang terpencil atau sulit dijangkau.
  2. Adanya hambatan dalam koordinasi dan kerja sama antara Puskesmas dengan pihak lain, seperti rumah sakit dan pusat kesehatan lainnya.
  3. Ketersediaan tenaga kesehatan yang terbatas, terutama di daerah yang sulit menarik tenaga kesehatan.
  4. Tingkat kepedulian masyarakat terhadap kesehatan masih perlu ditingkatkan, sehingga sulit untuk melaksanakan program-program kesehatan secara optimal.

Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, Puskesmas menurut Permenkes tetap merupakan bagian penting dalam sistem kesehatan di Indonesia. Dalam implementasinya, Puskesmas perlu mendapatkan dukungan dan sinergi yang baik dengan pihak terkait agar dapat melaksanakan fungsinya dengan optimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Tabel Pengertian Puskesmas Menurut Permenkes

Karakteristik Keterangan
Pendirian Diatur dalam Permenkes Nomor 75 tahun 2014
Organisasi Unit di bawah Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota
Tujuan Memberikan pelayanan kesehatan yang mudah diakses, melaksanakan upaya kesehatan masyarakat, meningkatkan peran serta masyarakat, meningkatkan kerjasama lintas sektor, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif
Kompetensi Tenaga Kesehatan Minimal harus sesuai dengan standar kompetensi
Sarana dan Prasarana Harus memadai sesuai dengan kebutuhan
Program Kesehatan Disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat
Kerjasama Dengan rumah sakit, Puskesmas lain, instansi terkait, dan masyarakat

FAQ tentang Pengertian Puskesmas Menurut Permenkes

1. Apa itu Puskesmas?

Puskesmas atau Pusat Kesehatan Masyarakat adalah salah satu bentuk pelayanan kesehatan primer yang memiliki tanggung jawab menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya.

2. Apa tujuan pendirian Puskesmas?

Tujuan pendirian Puskesmas antara lain memberikan pelayanan kesehatan yang mudah diakses, melaksanakan upaya kesehatan masyarakat secara holistik, meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan dan pemberdayaan kesehatan, meningkatkan kerjasama lintas sektor dalam pembangunan kesehatan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

3. Apa saja kelebihan Puskesmas menurut Permenkes?

Beberapa kelebihan Puskesmas menurut Permenkes antara lain memberikan akses kesehatan yang mudah dijangkau, menjadi garda terdepan dalam upaya promotif dan preventif, melaksanakan program-program kesehatan yang holistik, bekerja sama dengan pihak lain dalam melaksanakan tugas dan program-programnya, memberikan pelayanan kesehatan dengan biaya terjangkau, memiliki tenaga kesehatan yang kompeten, serta memberikan pelayanan gawat darurat.

4. Apa saja kekurangan Puskesmas menurut Permenkes?

Beberapa kekurangan Puskesmas menurut Permenkes antara lain terbatasnya sarana dan prasarana, hambatan dalam koordinasi dan kerja sama, ketersediaan tenaga kesehatan yang terbatas, serta tingkat kepedulian masyarakat terhadap kesehatan yang masih perlu ditingkatkan.

5. Apa yang diatur dalam Permenkes mengenai Puskesmas?

Permenkes mengatur mengenai pendirian Puskesmas, organisasi, tujuan, kompetensi tenaga kesehatan, sarana dan prasarana, program kesehatan, serta kerjasama Puskesmas dengan pihak lain.

6. Bagaimana karakteristik Puskesmas menurut Permenkes?

Puskesmas harus memiliki minimal tenaga kesehatan dengan kompetensi yang sesuai, sarana dan prasarana yang memadai, melaksanakan program-program kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat, serta bekerja sama dengan pihak lain dalam melaksanakan program-program kesehatan.

7. Apa yang perlu diketahui tentang pengertian Puskesmas menurut Permenkes?

Permenkes menjelaskan secara detail mengenai pengertian dan peran Puskesmas dalam memberikan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Puskesmas memiliki tujuan, karakteristik, kelebihan, dan kekurangan yang perlu diketahui untuk lebih memahami pengertian Puskesmas menurut Permenkes secara lengkap.

Kesimpulan

Puskesmas menurut Permenkes memiliki pengertian dan peran yang sangat penting dalam memberikan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Indonesia. Meskipun memiliki kelebihan dan kekurangan, Puskesmas tetap menjadi garda terdepan dalam upaya promotif dan preventif, serta memberikan pelayanan kesehatan primer yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Dukungan dan sinergi dari semua pihak menjadi kunci penting dalam menjalankan fungsinya yang optimal. Mari kita dukung dan manfaatkan Puskesmas dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia.

Kata Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian Puskesmas menurut Permenkes. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya Puskesmas dalam sistem kesehatan di Indonesia. Dukung pelayanan kesehatan primer dengan mengunjungi Puskesmas terdekat dan menjaga kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Untuk informasi lebih lanjut seputar kesehatan, kunjungi daewoong.co.id. Terima kasih.