pengertian public relations menurut para ahli

Pendahuluan

Halo selamat datang di “daewoong.co.id”. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian public relations menurut beberapa ahli terkemuka. Public relations adalah suatu bidang yang penting dalam dunia bisnis dan komunikasi. Melalui public relations, perusahaan dapat membangun hubungan yang baik dengan masyarakat, mengelola image perusahaan, dan meningkatkan citra merek.

Penting untuk memahami konsep dan pengertian public relations dari berbagai perspektif para ahli. Dengan demikian, kita dapat mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang disiplin ini dan mengaplikasikannya dengan tepat dalam konteks bisnis.

Ahli 1: Edward L. Bernays

Edward L. Bernays adalah salah satu pendiri disiplin public relations modern dan dianggap sebagai “Bapak Hubungan Masyarakat”. Menurut Bernays, public relations adalah “tentang memahami apa yang ada di dalam pikiran masyarakat, menghubungkannya dengan apa yang ada dalam pikiran organisasi, dan membentuk opini dan tindakan masyarakat sesuai dengan keinginan organisasi.”

Ahli 2: James E. Grunig

James E. Grunig adalah seorang profesor komunikasi terkenal yang memiliki kontribusi besar dalam pengembangan teori public relations. Menurut Grunig, public relations adalah “manajemen komunikasi strategis yang bertujuan untuk membangun dan menjaga hubungan saling menguntungkan dengan pemangku kepentingan.”

Ahli 3: Arthur W. Page

Arthur W. Page adalah seorang praktisi public relations ternama dan pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Eksekutif dan Direktur Hubungan dengan Publik di perusahaan telekomunikasi terkemuka, AT&T. Page berpendapat bahwa public relations adalah “engineering yang berhubungan dengan persepsi publik.”

Ahli 4: Scott Cutlip

Scott Cutlip adalah seorang profesor komunikasi dan penulis buku teks terkenal yang mengkaji tentang teori dan praktik public relations. Menurut Cutlip, public relations adalah “disiplin yang bertujuan untuk membangun saling menguntungkan antara organisasi dan publik melalui komunikasi efektif.”

Ahli 5: James E. Grunig dan Todd Hunt

James E. Grunig dan Todd Hunt adalah dua ahli hubungan masyarakat yang terkenal dengan teori komunikasi simetris dan asimetris. Menurut mereka, public relations adalah “proses saling mempengaruhi antara organisasi dan publiknya untuk bekerja bersama mencapai tujuan bersama.”

Ahli 6: Betsy Plank

Betsy Plank dikenal sebagai “Ibu Hubungan Masyarakat” dan merupakan salah satu praktisi public relations yang paling dihormati. Menurut Plank, public relations adalah “disiplin yang melibatkan hubungan dan komunikasi antara organisasi dan publiknya melalui berbagai saluran dan alat.”

Ahli 7: Wilcox, Cameron, dan Reber

Wilcox, Cameron, dan Reber adalah penulis buku terkenal tentang praktik dan teori public relations. Menurut mereka, public relations adalah “disiplin yang bertujuan untuk membangun saling pengertian, kepercayaan, dan dukungan antara organisasi dan publiknya.”

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Public Relations

Public relations memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipahami untuk mengambil keputusan yang tepat dalam mengimplementasikannya dalam strategi bisnis. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan penting pengertian public relations menurut para ahli:

Kelebihan:

1. Meningkatkan citra dan reputasi perusahaan
2. Memperkuat hubungan dengan pemangku kepentingan
3. Meningkatkan kepercayaan dan mendapatkan dukungan publik
4. Menciptakan hubungan saling menguntungkan dengan media
5. Menjaga hubungan yang baik dengan pemerintah dan regulator
6. Menjalin kemitraan dan kerjasama dengan organisasi lain
7. Meningkatkan pemahaman publik tentang industri dan produk perusahaan

Kekurangan:

1. Sulit mengukur tingkat keberhasilan secara eksak
2. Rentan terhadap manipulasi dan kesalahpahaman publik
3. Membutuhkan biaya dan sumber daya yang signifikan
4. Tidak efektif jika tidak didukung oleh komunikasi yang jujur dan transparan
5. Rentan terhadap perubahan tren dan opini publik
6. Memerlukan keahlian dan pengetahuan yang mendalam tentang industri dan komunikasi
7. Menghadapi risiko reputasi jika menghadapi krisis atau skandal

Tabel: Pengertian Public Relations Menurut Para Ahli

No Nama Ahli Pengertian Public Relations
1 Edward L. Bernays “Tentang memahami apa yang ada di dalam pikiran masyarakat, menghubungkannya dengan apa yang ada dalam pikiran organisasi, dan membentuk opini dan tindakan masyarakat sesuai dengan keinginan organisasi.”
2 James E. Grunig “Manajemen komunikasi strategis yang bertujuan untuk membangun dan menjaga hubungan saling menguntungkan dengan pemangku kepentingan.”
3 Arthur W. Page “Engineering yang berhubungan dengan persepsi publik.”
4 Scott Cutlip “Disiplin yang bertujuan untuk membangun saling menguntungkan antara organisasi dan publik melalui komunikasi efektif.”
5 James E. Grunig dan Todd Hunt “Proses saling mempengaruhi antara organisasi dan publiknya untuk bekerja bersama mencapai tujuan bersama.”
6 Betsy Plank “Hubungan dan komunikasi antara organisasi dan publiknya melalui berbagai saluran dan alat.”
7 Wilcox, Cameron, dan Reber “Membangun saling pengertian, kepercayaan, dan dukungan antara organisasi dan publiknya.”

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa bedanya public relations dengan pemasaran?

Public relations merupakan upaya membangun hubungan dan komunikasi dengan publik secara keseluruhan, sementara pemasaran lebih berfokus pada kegiatan promosi dan penjualan produk atau jasa.

2. Bagaimana peran public relations dalam meningkatkan citra perusahaan?

Public relations dapat membantu meningkatkan citra perusahaan melalui kegiatan komunikasi yang efektif, mengelola isu-isu yang berkaitan dengan perusahaan, dan mengatasi krisis dengan strategi yang tepat.

3. Apa saja media yang biasa digunakan dalam public relations?

Media yang biasa digunakan dalam public relations antara lain pers, media sosial, pemasaran konten, dan acara publik.

4. Bagaimana cara mengukur keberhasilan upaya public relations?

Keberhasilan upaya public relations dapat diukur melalui pengukuran jumlah liputan media, survei kepuasan publik, dan indikator lain yang relevan dengan tujuan strategi public relations yang telah ditetapkan.

5. Apa risiko terbesar dalam praktik public relations?

Risiko terbesar dalam praktik public relations adalah reputasi perusahaan dapat terancam jika menghadapi krisis atau skandal yang dapat merusak citra dan kepercayaan publik.

6. Apakah setiap perusahaan perlu memiliki departemen public relations?

Idealnya, setiap perusahaan perlu memiliki fungsi public relations untuk mengelola komunikasi dengan publik dan membangun citra perusahaan yang baik. Namun, dalam beberapa kasus, perusahaan dapat menggunakan layanan agensi public relations eksternal.

7. Bagaimana public relations dapat mendukung kegiatan pemasaran perusahaan?

Public relations dapat mendukung kegiatan pemasaran perusahaan dengan menciptakan buzz positif, meningkatkan pemahaman publik tentang produk atau jasa, dan memperkuat hubungan dengan media dan pemangku kepentingan lainnya.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita sudah membahas pengertian public relations menurut beberapa ahli terkemuka. Public relations merupakan suatu disiplin yang penting dalam membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan publiknya. Untuk mencapai kesuksesan dalam mengimplementasikannya dalam strategi bisnis, kita perlu memahami kelebihan dan kekurangan serta mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menerapkannya.

Sebagai langkah awal, kita dapat merujuk kepada pengertian public relations dari para ahli seperti Edward L. Bernays, James E. Grunig, Arthur W. Page, dan lain-lain. Selain itu, tabel pengertian public relations menurut para ahli dapat memberikan gambaran komprehensif tentang konsep dan definisi yang berbeda-beda.

Penggunaan public relations yang efektif dapat membawa perusahaan menuju keberhasilan, sementara penggunaannya yang tidak tepat dapat berisiko merugikan reputasi perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk terus memperbarui pengetahuan dan terlibat dalam praktik public relations yang etis dan transparan.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut atau memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang pengertian public relations, jangan ragu untuk menghubungi kami di “daewoong.co.id”. Kami siap membantu Anda dalam memahami pentingnya public relations dalam dunia bisnis.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat dan dapat menjadi panduan dalam memahami pengertian public relations menurut para ahli.

Kata Penutup

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan memberikan informasi umum tentang pengertian public relations menurut para ahli dan tidak dimaksudkan sebagai saran atau rekomendasi profesional. Pembaca disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli atau profesional terkait sebelum mengambil tindakan berdasarkan informasi yang terdapat dalam artikel ini.