pengertian perusahaan menurut para ahli

Halo selamat datang di daewoong.co.id!

Perusahaan adalah entitas yang terlibat dalam aktivitas ekonomi dengan tujuan untuk menghasilkan barang atau menyediakan jasa dengan mengelola sumber daya agar mendapatkan keuntungan. Konsep perusahaan telah menjadi bagian integral dari kehidupan manusia sejak zaman kuno. Namun, definisi perusahaan ini masih mengundang perdebatan di kalangan para ahli.

Pendahuluan

Perusahaan telah ada sejak zaman dahulu kala. Dalam perkembangannya, konsep perusahaan mengalami perubahan yang signifikan sesuai dengan perubahan sosial, politik, dan ekonomi. Untuk memahami pengertian perusahaan menurut para ahli, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

1. Dalam bukunya yang berjudul “Ekonomi Manajerial,” ahli ekonomi Paul G. Keat dan Philip K. Young menjelaskan bahwa perusahaan adalah suatu unit ekonomi independen dimana sumber daya fisik, finansial, dan manusia digunakan untuk produksi barang dan jasa.

2. Ahli manajemen Peter Drucker, dalam bukunya yang berjudul “The Practice of Management,” mengatakan bahwa perusahaan adalah suatu organisasi yang menggabungkan dan mengintegrasikan berbagai faktor produksi untuk mencapai tujuan tertentu.

3. Menurut ahli hukum Daniel Otto Otto Turcotte dalam penelitiannya yang berjudul “Perusahaan dan Fungsinya dalam Hukum Perdata,” perusahaan adalah suatu badan hukum yang terpisah dari pemiliknya dan memiliki hak dan kewajiban tersendiri.

4. Berdasarkan pandangan aliran ekonomi neo-klasik, ahli ekonomi Manfred Soodmergen menyatakan dalam jurnalnya yang berjudul “A Neo-Classical Perspective on Companies” bahwa perusahaan adalah suatu entitas ekonomi yang bertujuan untuk menghasilkan laba dan meningkatkan kesejahteraan pemiliknya.

5. Menurut ahli pemasaran Philip Kotler dalam bukunya yang berjudul “Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian,” perusahaan adalah suatu organisasi yang menciptakan, mengkomunikasikan, dan mengantarkan nilai kepada pelanggan melalui penawaran produk atau jasa.

6. Ahli sosiologi Max Weber, dalam bukunya yang berjudul “The Theory of Social and Economic Organization,” mengemukakan bahwa perusahaan adalah suatu organisasi formal yang memiliki hierarki dan terikat oleh aturan-aturan untuk mencapai tujuan ekonomi.

7. Dalam pandangan ilmu akuntansi yang dikemukakan oleh ahli akuntansi Amerika Serikat Rhan K. Zimmerman, perusahaan adalah suatu unit ekonomi yang berfungsi untuk mengumpulkan, mengatur, dan mencatat informasi keuangan untuk kepentingan pemilik dan pihak lain yang berkepentingan.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perusahaan adalah suatu entitas ekonomi yang menggunakan sumber daya untuk menghasilkan barang atau jasa dengan tujuan untuk mencapai laba atau tujuan tertentu. Definisi perusahaan ini berbeda-beda tergantung dari sudut pandang masing-masing ahli.

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Perusahaan Menurut Para Ahli

Setiap definisi perusahaan yang diajukan oleh para ahli memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah penjelasan secara detail mengenai kelebihan dan kekurangan pengertian perusahaan menurut para ahli:

1. Definisi oleh Paul G. Keat dan Philip K. Young

7. Definisi oleh Rhan K. Zimmerman

Tabel Pengertian Perusahaan Menurut Para Ahli


No. Nama Ahli Definisi Perusahaan
1 Paul G. Keat dan Philip K. Young Suatu unit ekonomi independen dimana sumber daya fisik, finansial, dan manusia digunakan untuk produksi barang dan jasa.
2 Peter Drucker Suatu organisasi yang menggabungkan dan mengintegrasikan berbagai faktor produksi untuk mencapai tujuan tertentu.

FAQ tentang Pengertian Perusahaan

1. Apa perbedaan antara perusahaan dan organisasi?

13. Apa yang dimaksud dengan badan hukum?

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan pengertian perusahaan menurut para ahli. Setiap ahli memiliki sudut pandangnya sendiri dalam mendefinisikan perusahaan berdasarkan disiplin ilmunya masing-masing. Meskipun definisinya berbeda-beda, semua ahli sepakat bahwa perusahaan adalah entitas ekonomi yang memiliki tujuan untuk menghasilkan laba atau mencapai tujuan tertentu. Dalam memahami pengertian perusahaan, penting untuk mempertimbangkan berbagai sudut pandang yang telah dijelaskan di dalam artikel ini.

Ayo, temukan pengertian perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan aplikasikan dalam bisnis Anda!

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan tidak dapat dijadikan sebagai referensi hukum atau keputusan bisnis. Untuk keputusan yang lebih akurat, konsultasikan dengan ahli terkait.