pengertian pengindraan jauh menurut lillesand dan kiefer adalah

Halo Selamat Datang di “daewoong.co.id”

Selamat datang di situs resmi Daewoong, di mana kami menyediakan informasi terkini mengenai pengertian pengindraan jauh menurut konsep yang dikemukakan oleh Lillesand dan Kiefer. Dalam artikel ini, kami akan membahas dengan detail mengenai pengindraan jauh, metode, kekurangan dan kelebihan, serta penjelasan lengkap dari pandangan Lillesand dan Kiefer. Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Pendahuluan

Pengindraan jauh adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang objek tanah atau permukaan bumi tanpa perlu melakukan kontak langsung. Dalam konsep yang diajukan oleh Lillesand dan Kiefer, pengindraan jauh menggunakan sensor untuk mengukur dan menganalisis radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh bumi dan objek di atasnya. Sensor ini dapat berupa satelit, pesawat terbang khusus, atau instrumen di darat.

Metode pengindraan jauh yang dikembangkan oleh Lillesand dan Kiefer menggunakan sensor-sensor tersebut untuk mengumpulkan data optik dan non-optik dari permukaan bumi. Data optik meliputi citra visual yang dilihat oleh mata manusia dan dapat digunakan untuk mengevaluasi kondisi lahan, memetakan penutupan lahan, serta memantau perubahan lingkungan. Sementara itu, data non-optik meliputi radiasi elektromagnetik di luar spektrum visual, seperti inframerah, mikro gelombang, dan radio.

Kelebihan pengindraan jauh menurut pandangan Lillesand dan Kiefer adalah kemampuannya untuk mengumpulkan data secara luas dan akurat, bahkan di daerah yang sulit dijangkau oleh manusia. Dengan adanya teknologi satelit, kita dapat mengamati permukaan bumi dengan resolusi tinggi dan dalam waktu yang singkat. Data yang dikumpulkan oleh pengindraan jauh juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pemetaan wilayah, analisis perubahan iklim, dan pemantauan bencana alam.

Namun, pengindraan jauh juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah ketergantungan pada cuaca. Ketika cuaca buruk atau ada awan tebal, citra yang diperoleh oleh sensor optik menjadi kurang jelas atau bahkan tidak dapat diperoleh sama sekali. Selain itu, pengindraan jauh juga memerlukan peralatan yang canggih dan mahal, serta tenaga ahli untuk menganalisis dan menginterpretasi data yang diperoleh.

Tabel berikut ini menampilkan informasi lengkap mengenai pengertian pengindraan jauh menurut Lillesand dan Kiefer:

Informasi Keterangan
Pengindraan Jauh Metode mengumpulkan informasi tanpa kontak langsung
Sensor Satelit, pesawat terbang, atau instrumen di darat
Data Optik Citra visual untuk pemetaan dan pemantauan
Data Non-Optik Radiasi elektromagnetik di luar spektrum visual
Kelebihan Luas cakupan, akurasi data, pemantauan bencana alam
Kekurangan Ketergantungan pada cuaca, peralatan mahal, analisis data

Pertanyaan Umum (FAQ)

Apa itu pengindraan jauh?

Pengindraan jauh adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang objek tanah atau permukaan bumi tanpa perlu melakukan kontak langsung.

Apa saja jenis sensor yang digunakan dalam pengindraan jauh?

Sensor yang digunakan dalam pengindraan jauh dapat berupa satelit, pesawat terbang khusus, atau instrumen di darat.

Apa perbedaan antara data optik dan non-optik dalam pengindraan jauh?

Data optik meliputi citra visual yang dilihat oleh mata manusia, sedangkan data non-optik meliputi radiasi elektromagnetik di luar spektrum visual.

Apa kelebihan pengindraan jauh menurut Lillesand dan Kiefer?

Pengindraan jauh menurut Lillesand dan Kiefer memiliki kelebihan dalam kemampuan mengumpulkan data secara luas dan akurat, serta dapat digunakan untuk pemantauan bencana alam.

Apa kekurangan dari pengindraan jauh?

Kekurangan pengindraan jauh antara lain adalah ketergantungan pada cuaca, peralatan yang mahal, dan memerlukan analisis yang mendalam terhadap data yang diperoleh.

Bagaimana pengindraan jauh dapat digunakan untuk pemetaan wilayah?

Pengindraan jauh dapat digunakan untuk memetakan penutupan lahan, memantau perubahan lingkungan, dan mencatat pergerakan objek di permukaan bumi.

Bagaimana pengindraan jauh dapat membantu pemantauan iklim?

Data yang dikumpulkan oleh pengindraan jauh dapat digunakan untuk menganalisis perubahan iklim, pemantauan suhu permukaan laut, dan perubahan pola cuaca.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pengindraan jauh menurut Lillesand dan Kiefer adalah metode mengumpulkan informasi tentang objek tanah atau permukaan bumi tanpa perlu melakukan kontak langsung. Metode ini menggunakan sensor optik dan non-optik untuk mengumpulkan data dalam bentuk citra visual dan radiasi elektromagnetik di luar spektrum visual.

Kelebihan pengindraan jauh adalah kemampuannya dalam mengumpulkan data secara luas dan akurat, serta pemantauan bencana alam. Namun, pengindraan jauh juga memiliki kekurangan, seperti ketergantungan pada cuaca dan peralatan yang mahal. Meskipun demikian, teknologi ini tetap menjadi alat yang penting dalam pemetaan wilayah dan pemantauan lingkungan.

Kami harap artikel ini memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang pengertian pengindraan jauh menurut Lillesand dan Kiefer. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami di daewoong.co.id.

Sumber:

Artikel ini didasarkan pada informasi yang disampaikan oleh Lillesand, T. M., & Kiefer, R. W. (2018). Penginderaan Jauh dan Interpretasi Citra. Yogyakarta: Penerbit ANDI.