pengertian penelitian sosial menurut para ahli

Halo selamat datang di daewoong.co.id

Penelitian sosial adalah suatu metode atau proses yang dilakukan untuk memahami dan menyelidiki fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data, menganalisis, dan menginterpretasi informasi yang diperoleh untuk memahami dinamika sosial serta mengidentifikasi tren atau pola yang terjadi di tengah masyarakat. Para ahli telah memberikan pengertian-pengertian tentang penelitian sosial yang sangat beragam. Mari kita lihat apa yang dikatakan oleh para ahli tersebut.

Pengertian Penelitian Sosial Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian penelitian sosial menurut beberapa ahli:

Ahli Pengertian Penelitian Sosial
1. Max Weber Penelitian sosial adalah usaha yang bersifat ilmiah untuk merekonstruksi tindakan sosial serta untuk menemukan hubungan-hubungan fungsional antara tindakan-tindakan tersebut.
2. Emile Durkheim Penelitian sosial adalah ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, mengamati bagaimana fakta-fakta tersebut berkembang, dan mencari tahu apa yang menyebabkan perubahan dalam masyarakat.
3. Robert K. Merton Penelitian sosial adalah usaha rasional, sistematis, dan objektif untuk memahami masyarakat, lembaga-lembaga sosial dalam masyarakat, dan bagaimana masyarakat mempengaruhi individu.

Ini hanya beberapa pengertian penelitian sosial menurut para ahli. Terdapat banyak pemikiran dan definisi lain yang bisa dijelaskan mengenai penelitian sosial ini.

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Penelitian Sosial Menurut Para Ahli

Setiap metode penelitian memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk penelitian sosial. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh konsep pengertian penelitian sosial menurut para ahli:

1. Kelebihan

a. Memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku sosial dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam masyarakat.

b. Dapat menghasilkan data yang dapat digunakan untuk menginformasikan kebijakan publik dan pengambilan keputusan dalam berbagai bidang.

c. Menyediakan kerangka kerja yang sistematis dan objektif dalam mempelajari fenomena sosial.

d. Memungkinkan riset untuk melakukan generalisasi atau penarikan kesimpulan yang bisa digunakan untuk populasi yang lebih luas.

e. Dapat membantu mengidentifikasi dan memecahkan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.

f. Dapat digunakan untuk menguji dan menguji kembali teori-teori sosial yang ada.

g. Memberikan sumbangan bagi perkembangan ilmu pengetahuan sosial dan pemahaman tentang masyarakat.

2. Kekurangan

a. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan dan menganalisis data dengan baik.

b. Membutuhkan sumber daya yang mencukupi seperti tenaga kerja, dana, serta akses ke populasi atau kelompok yang akan diteliti.

c. Terkadang subject penelitian bisa mengalami bias dalam memberikan jawaban atau informasi yang benar-benar valid.

d. Terdapat tantangan dalam menjaga objektivitas dan interpretasi yang seimbang dalam analisis data.

e. Terkadang sulit untuk mengukur konsep sosial yang lebih abstrak dan kompleks, seperti status sosial, norma sosial, dan nilai-nilai moral di masyarakat.

f. Terdapat kebutuhan untuk berhati-hati dalam memilih metode penelitian yang paling sesuai dengan pertanyaan penelitian yang ingin dijawab.

Tabel Pengertian Penelitian Sosial Menurut Para Ahli

Ahli Pengertian Penelitian Sosial
Max Weber Penelitian sosial adalah usaha yang bersifat ilmiah untuk merekonstruksi tindakan sosial serta untuk menemukan hubungan-hubungan fungsional antara tindakan-tindakan tersebut.
Emile Durkheim Penelitian sosial adalah ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, mengamati bagaimana fakta-fakta tersebut berkembang, dan mencari tahu apa yang menyebabkan perubahan dalam masyarakat.
Robert K. Merton Penelitian sosial adalah usaha rasional, sistematis, dan objektif untuk memahami masyarakat, lembaga-lembaga sosial dalam masyarakat, dan bagaimana masyarakat mempengaruhi individu.

FAQ (Frequently Asked Questions) tentang Pengertian Penelitian Sosial

1. Apa yang dimaksud dengan penelitian sosial?

Penelitian sosial adalah suatu metode atau proses yang dilakukan untuk memahami dan menyelidiki fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat serta mengindentifikasi tren atau pola yang terjadi di tengah masyarakat.

2. Mengapa penelitian sosial penting?

Penelitian sosial penting karena memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku sosial dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam masyarakat, serta dapat menginformasikan kebijakan publik dan pengambilan keputusan dalam berbagai bidang.

3. Bagaimana proses penelitian sosial dilakukan?

Proses penelitian sosial melibatkan pengumpulan data, analisis data, serta interpretasi data untuk memahami fenomena sosial dan mengidentifikasi tren atau pola yang terjadi di tengah masyarakat.

4. Apa manfaat dari penelitian sosial?

Manfaat dari penelitian sosial antara lain adalah dapat membantu mengidentifikasi dan memecahkan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat, serta memberikan sumbangan bagi perkembangan ilmu pengetahuan sosial dan pemahaman tentang masyarakat.

5. Apa saja kelebihan dari penelitian sosial?

Kelebihan penelitian sosial antara lain adalah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku sosial dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam masyarakat serta dapat menghasilkan data yang dapat digunakan untuk menginformasikan kebijakan publik dan pengambilan keputusan dalam berbagai bidang.

6. Apa saja kekurangan dari penelitian sosial?

Kekurangan penelitian sosial antara lain adalah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan dan menganalisis data dengan baik, membutuhkan sumber daya yang mencukupi seperti tenaga kerja dan dana, serta terkadang subject penelitian bisa mengalami bias dalam memberikan jawaban atau informasi yang benar-benar valid.

7. Bagaimana memilih metode penelitian sosial yang sesuai?

Pemilihan metode penelitian sosial yang sesuai harus mempertimbangkan pertanyaan penelitian yang ingin dijawab serta karakteristik sampel atau populasi yang akan diteliti.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dibahas tentang pengertian penelitian sosial menurut para ahli. Dalam memahami penelitian sosial, dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:

1. Penelitian sosial adalah suatu metode atau proses yang dilakukan untuk memahami dan menyelidiki fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat.

2. Kelebihan dari penelitian sosial antara lain adalah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku sosial dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam masyarakat, serta dapat menghasilkan data yang dapat digunakan untuk menginformasikan kebijakan publik dan pengambilan keputusan dalam berbagai bidang.

3. Kekurangan dari penelitian sosial antara lain adalah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan dan menganalisis data dengan baik, serta membutuhkan sumber daya yang mencukupi seperti tenaga kerja dan dana.

4. Proses penelitian sosial melibatkan pengumpulan data, analisis data, serta interpretasi data untuk memahami fenomena sosial dan mengidentifikasi tren atau pola yang terjadi di tengah masyarakat.

5. Dalam memilih metode penelitian sosial yang sesuai, perlu mempertimbangkan pertanyaan penelitian yang ingin dijawab serta karakteristik sampel atau populasi yang akan diteliti.

6. Dalam melakukan penelitian sosial, penting untuk menjaga objektivitas dan memilih metode penelitian yang paling sesuai dengan pertanyaan penelitian yang ingin dijawab.

7. Penelitian sosial memiliki manfaat yang besar dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat, serta memberikan sumbangan bagi perkembangan ilmu pengetahuan sosial dan pemahaman tentang masyarakat.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga informasi mengenai pengertian penelitian sosial menurut para ahli dapat bermanfaat bagi pembaca. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami di daewoong.co.id.