pengertian media menurut para ahli

Halo Selamat Datang di Daewoong.co.id

Selamat datang di Daewoong.co.id, situs kumpulan informasi terkini seputar media. Pada artikel kali ini, kami akan mengulas tentang pengertian media menurut para ahli. Media memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam era digital seperti sekarang ini, media semakin berkembang pesat dan memiliki berbagai bentuk yang beragam. Agar dapat memahami dengan lebih baik, mari kita lihat pengertian media menurut para ahli.

Pendahuluan

Pengertian media menurut para ahli dapat didefinisikan sebagai:

  1. Menurut Profesor Susan J. Douglas, media adalah segala bentuk saluran komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari satu pihak ke pihak lain.
  2. Menurut Profesor Marshall McLuhan, media adalah perpanjangan dari manusia yang mengubah dan memperluas cakrawala pikiran dan tindakan manusia.
  3. Menurut Profesor Denis McQuail, media adalah wahana yang digunakan untuk mengomunikasikan informasi dan pesan ke suatu khalayak dengan menggunakan berbagai media baik cetak, radio, televisi, dan internet.
  4. Menurut ahli komunikasi asal Amerika Serikat, Profesor George Gerbner, media adalah jaringan yang bestari dan global yang menghubungkan suatu masyarakat dengan cara menyajikan informasi dan hiburan.
  5. Menurut ahli komunikasi asal Amerika Serikat, Marshall McLuhan, media adalah segala hal yang bisa dikatakan sebagai ekstensi manusia.
  6. Menurut ahli filsafat media asal Jerman, Friedrich Kittler, media adalah penyaluran komunikasi yang memberikan perluasan efektif hadirnya manusia.
  7. Menurut ahli komunikasi asal Amerika Serikat, James W. Carey, media adalah sekelompok institusi dan praktik yang membantu memperlancar aliran masyarakat sebagai suatu keseluruhan.

Definisi-definisi tersebut menggambarkan betapa luasnya pengertian media menurut para ahli. Media menjadi sarana penting dalam menyampaikan informasi, menyajikan hiburan, dan mempengaruhi opini serta perilaku masyarakat.

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Media Menurut Para Ahli

Kelebihan

  1. Media memungkinkan berbagi informasi dengan cepat dan luas ke seluruh dunia.
  2. Media memberikan hiburan dan mengurangi stres dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Media memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia dan memperluas jaringan sosial kita.
  4. Media menjadi sarana efektif untuk mempengaruhi opini dan sikap masyarakat terhadap berbagai isu.
  5. Media memberikan kesempatan kepada individu atau kelompok untuk menyuarakan pendapat mereka secara terbuka.
  6. Media menjadi sumber inspirasi dan informasi yang dapat digunakan untuk belajar dan mengembangkan diri.
  7. Media menjadi platform yang efektif untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk atau layanan.

Kekurangan

  1. Media dapat menyebarkan dan memperkuat berita palsu atau hoaks yang dapat mempengaruhi pikiran dan tindakan masyarakat.
  2. Media sering kali hanya menampilkan sudut pandang yang sempit atau bias, sehingga informasi yang diterima oleh masyarakat menjadi tidak objektif.
  3. Media dapat mengaburkan batasan antara kehidupan pribadi dan publik, serta mengurangi privasi individu.
  4. Media memegang kekuasaan yang besar dalam membentuk opini dan perilaku masyarakat, sehingga dapat disalahgunakan untuk kepentingan tertentu.
  5. Media dapat menjadi alat yang mempengaruhi isu-isu sosial dan politik, sehingga sering menjadi perdebatan dan konflik di tengah masyarakat.
  6. Media cenderung mengabaikan atau menghilangkan suara dan perspektif yang tidak populer atau tidak sesuai dengan kepentingan mereka.
  7. Media dapat menyebabkan dependensi yang tinggi terhadap teknologi dan mengabaikan hubungan sosial yang lebih nyata dan bermakna.

Kelebihan dan kekurangan pengertian media menurut para ahli tersebut perlu diperhatikan agar kita dapat menggunakan media dengan bijaksana dan menyadari dampak yang ditimbulkannya.

Tabel Pengertian Media Menurut Para Ahli

Para Ahli Pengertian Media
Profesor Susan J. Douglas Segala bentuk saluran komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari satu pihak ke pihak lain.
Profesor Marshall McLuhan Perpanjangan dari manusia yang mengubah dan memperluas cakrawala pikiran dan tindakan manusia.
Profesor Denis McQuail Wahana untuk mengomunikasikan informasi dan pesan ke suatu khalayak dengan menggunakan berbagai media baik cetak, radio, televisi, dan internet.
Profesor George Gerbner Jaringan yang bestari dan global yang menghubungkan suatu masyarakat dengan cara menyajikan informasi dan hiburan.
Marshall McLuhan Segala hal yang bisa dikatakan sebagai ekstensi manusia.
Friedrich Kittler Penyaluran komunikasi yang memberikan perluasan efektif hadirnya manusia.
James W. Carey Sekelompok institusi dan praktik yang membantu memperlancar aliran masyarakat sebagai suatu keseluruhan.

FAQ tentang Pengertian Media

Apa pengertian media sosial menurut para ahli?

Menurut Profesor Douglas Kellner, media sosial adalah platform online yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan berbagi konten dengan orang lain melalui internet.

Apa pengaruh media massa terhadap masyarakat?

Media massa memiliki pengaruh yang besar dalam membentuk opini, sikap, dan perilaku masyarakat melalui pemberitaan dan hiburan yang disajikan.

Apa saja jenis media menurut para ahli?

Beberapa jenis media yang dikenal adalah media cetak (seperti koran dan majalah), media elektronik (seperti radio dan televisi), dan media digital (seperti internet dan media sosial).

Bagaimana media mempengaruhi perkembangan budaya?

Media memiliki peran penting dalam mempengaruhi perkembangan budaya dengan menyajikan nilai-nilai, norma, dan gaya hidup yang dapat diterima dan ditiru oleh masyarakat.

Apa dampak negatif dari penggunaan media sosial?

Penggunaan media sosial dapat menyebabkan ketergantungan, isolasi sosial, dan menimbulkan gangguan mental seperti kecemasan dan depresi.

Apa saja fungsi media dalam kehidupan sehari-hari?

Media memiliki fungsi sebagai sarana informasi, hiburan, pendidikan, mempengaruhi opini dan sikap, serta sebagai alat komunikasi antarindividu dan kelompok.

Bagaimana kontribusi media terhadap perekonomian?

Media memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian melalui industri yang terkait seperti periklanan, produksi konten, dan penjualan perangkat elektronik.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah mengulas pengertian media menurut para ahli. Media memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam era digital seperti sekarang ini, media semakin berkembang pesat dan memiliki berbagai bentuk yang beragam. Kelebihan media meliputi kemampuan menyampaikan informasi dengan cepat, memberikan hiburan, dan memungkinkan koneksi antarindividu. Namun, media juga memiliki kekurangan seperti penyebaran berita palsu, bias informasi, dan pengabaian privasi individu. Dengan memahami pengertian media menurut para ahli, kita dapat menggunakan media dengan bijaksana dan bertanggung jawab.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang pengertian media, silakan tanyakan kepada kami. Kami siap membantu Anda dalam memahami dunia media dengan lebih baik.

Kata Penutup

Disclaimer: Artikel ini adalah bentuk penulisan jurnalistik yang berfokus pada pengertian media menurut para ahli. Kami tidak bertanggung jawab atas penggunaan informasi ini untuk tujuan tertentu dan saran yang diberikan bukanlah pengganti nasihat ahli. Semua informasi yang disajikan dalam artikel ini didasarkan pada penelitian terkini dan sumber yang terpercaya. Untuk informasi lebih lanjut, harap hubungi sumber yang relevan atau konsultasikan dengan ahli terkait.