pengertian manajemen menurut george r terry

Pendahuluan

Halo, selamat datang di daewoong.co.id! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas pengertian manajemen menurut George R Terry. George R Terry merupakan seorang pakar manajemen yang telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan teori dan praktik manajemen. Dalam karyanya, Terry mengemukakan berbagai konsep dan prinsip yang menjadi dasar dalam memahami dan mengimplementasikan manajemen secara efektif. Melalui artikel ini, mari kita mempelajari pengertian manajemen menurut George R Terry dengan lebih mendalam.

Definisi Manajemen Menurut George R Terry

Pengertian manajemen menurut George R Terry adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi dengan efektif dan efisien. Dalam konsep ini, Terry menekankan pentingnya perencanaan yang sistematis, pengorganisasian yang terstruktur, pengarahan yang tepat, dan pengendalian yang efektif dalam melaksanakan semua aktivitas manajerial.

Sub Judul 1

Paragraf 1: Manajemen menurut George R Terry memiliki dua dimensi utama, yaitu dimensi perencanaan dan dimensi pelaksanaan. Dimensi perencanaan berfokus pada pengembangan rencana strategis, rencana taktis, dan rencana operasional untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan dimensi pelaksanaan melibatkan pengorganisasian berbagai sumber daya, pengarahan individu dan kelompok, serta pengendalian proses kerja dan hasil kerja.

Paragraf 2: Salah satu kelebihan pengertian manajemen menurut George R Terry adalah pendekatannya yang komprehensif. Dalam konsepnya, Terry menyajikan pandangan yang holistik terhadap manajemen, mengintegrasikan berbagai aspek yang terkait dalam satu kerangka pemikiran yang sistematis.

Paragraf 3: Namun, salah satu kekurangan dari definisi manajemen menurut George R Terry adalah kurangnya penekanan pada aspek manusia. Meskipun Terry memandang manusia sebagai salah satu sumber daya yang penting dalam organisasi, namun perannya dalam konsep Terry tidak sejelas dan sekuat peran aspek teknis dan struktural.

Paragraf 4: Selanjutnya, pengertian manajemen menurut George R Terry juga mencakup aspek pengendalian yang efektif. Bagi Terry, pengendalian merupakan salah satu fungsi penting dalam manajemen yang bertujuan untuk memastikan bahwa aktivitas organisasi berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan.

Paragraf 5: Poin penting lainnya dalam pengertian manajemen menurut George R Terry adalah pentingnya tujuan dalam setiap aktivitas manajerial. Terry berpendapat bahwa setiap aktivitas manajemen harus memiliki tujuan yang jelas dan terukur agar dapat dievaluasi dan ditingkatkan secara terus-menerus.

Paragraf 6: Salah satu konsep yang sangat terkenal dari George R Terry adalah “Management by Objectives” (MBO). MBO merupakan suatu pendekatan dalam manajemen yang menekankan pengaturan tujuan yang spesifik, pengukuran kinerja berdasarkan pencapaian tujuan, dan pelibatan individu dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan.

Paragraf 7: Secara keseluruhan, pengertian manajemen menurut George R Terry memberikan dasar yang kuat dalam memahami esensi dan prinsip-prinsip manajemen. Konsep-konsep Terry masih relevan hingga saat ini dan telah banyak digunakan oleh para praktisi dan akademisi dalam pengelolaan organisasi.

Tabel Pengertian Manajemen Menurut George R Terry

No. Konsep Keterangan
1 Perencanaan Meliputi pengembangan rencana strategis, taktis, dan operasional
2 Pengorganisasian Mencakup tugas pengelompokan sumber daya dan pembagian wewenang
3 Pengarahan Menyediakan bimbingan dan motivasi kepada individu dan kelompok
4 Pengendalian Memastikan aktivitas organisasi sesuai dengan rencana yang telah ditentukan
5 Tujuan Menyediakan arah dan ukuran dalam setiap aktivitas manajerial
6 Management by Objectives (MBO) Pendekatan dalam manajemen yang menekankan pengaturan tujuan yang spesifik dan pengukuran kinerja berdasarkan pencapaian tujuan

Pertanyaan Umum (FAQ)

1. Apa yang dimaksud dengan manajemen menurut George R Terry?

Jawaban pertanyaan 1.

2. Apa yang menjadi kelebihan pengertian manajemen menurut George R Terry?

Jawaban pertanyaan 2.

3. Apa yang menjadi kekurangan pengertian manajemen menurut George R Terry?

Jawaban pertanyaan 3.

4. Apa yang dimaksud dengan pengendalian dalam manajemen menurut George R Terry?

Jawaban pertanyaan 4.

5. Mengapa tujuan penting dalam aktivitas manajerial menurut George R Terry?

Jawaban pertanyaan 5.

6. Apa itu “Management by Objectives” (MBO) menurut George R Terry?

Jawaban pertanyaan 6.

7. Bagaimana relevansi konsep-konsep George R Terry dalam manajemen saat ini?

Jawaban pertanyaan 7.

8. Bagaimana penerapan konsep manajemen menurut George R Terry dalam dunia nyata?

Jawaban pertanyaan 8.

9. Apa saja dimensi dalam pengertian manajemen menurut George R Terry?

Jawaban pertanyaan 9.

10. Apa peran manusia dalam konsep manajemen menurut George R Terry?

Jawaban pertanyaan 10.

11. Bagaimana perencanaan berkaitan dengan pengorganisasian dalam manajemen menurut George R Terry?

Jawaban pertanyaan 11.

12. Bagaimana pengarahan berkaitan dengan pengendalian dalam manajemen menurut George R Terry?

Jawaban pertanyaan 12.

13. Apa saja tugas seorang manajer dalam konsep manajemen menurut George R Terry?

Jawaban pertanyaan 13.

Kesimpulan

Setelah mempelajari pengertian manajemen menurut George R Terry, kita dapat menyimpulkan bahwa manajemen merupakan suatu proses yang kompleks yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi dengan efektif dan efisien.

George R Terry telah memberikan sumbangan yang berarti dalam mengembangkan pemahaman kita tentang manajemen. Konsep-konsepnya yang holistik dan komprehensif memberikan kerangka kerja yang kuat untuk memahami dan mengelola organisasi secara efektif.

Kendati demikian, penting untuk diingat bahwa pengertian manajemen menurut George R Terry tetaplah sebuah konsep yang terus berkembang. Dalam mengaplikasikan konsep ini dalam situasi nyata, perlu adanya penyesuaian dengan kondisi dan kebutuhan organisasi agar dapat mencapai kesuksesan secara optimal.

Tetaplah terus mempelajari dan mengembangkan pemahaman kita tentang manajemen, serta menerapkannya dalam setiap langkah dan keputusan yang kita ambil. Manajemen yang efektif dapat menjadi kunci kesuksesan dalam mencapai tujuan dan meraih keunggulan kompetitif dalam dunia bisnis yang terus berubah dan berkembang.

Ayo, segera terapkan pengertian manajemen menurut George R Terry dalam kehidupan nyata Anda dan lihatlah hasilnya yang positif. Selamat bermanajemen!

Kata Penutup

Artikel ini telah memberikan gambaran lengkap tentang pengertian manajemen menurut George R Terry. George R Terry merupakan seorang pakar manajemen yang memberikan kontribusi besar dalam pengembangan teori dan praktik manajemen.

Melalui artikel ini, kita telah mempelajari bahwa manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi dengan efektif dan efisien. Konsep-konsep Terry yang komprehensif, seperti pendekatan holistik, pengendalian yang efektif, dan pentingnya tujuan, memberikan dasar yang kuat dalam pengelolaan organisasi.

Namun, perlu diingat bahwa konsep-konsep manajemen terus berkembang seiring dengan perkembangan dunia bisnis. Oleh karena itu, perlu adanya adaptasi dan penyesuaian dalam mengaplikasikan konsep manajemen menurut George R Terry agar dapat mencapai hasil yang optimal.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dalam memahami pengertian manajemen menurut George R Terry. Teruslah belajar dan aplikasikan ilmu manajemen ini dalam setiap langkah dan keputusan yang Anda ambil. Sukses selalu!