pengertian biografi menurut wikipedia

Pendahuluan

Halo selamat datang di daewoong.co.id. Artikel ini akan membahas pengertian biografi menurut Wikipedia, sumber terpercaya dalam dunia pengetahuan secara online. Biografi merupakan sebuah tulisan yang mendeskripsikan kehidupan seseorang dari sudut pandang pribadi, keluarga, dan lingkungan sekitarnya. Berbeda dengan autobiografi yang ditulis oleh penulis tentang dirinya sendiri, biografi ditulis oleh orang lain yang mengamati ataupun menyusun dari berbagai sumber untuk menceritakan kehidupan seseorang secara objektif.

Biografi dapat memberikan wawasan tentang perjalanan hidup, kiprah, dan kontribusi yang diberikan oleh seseorang dalam berbagai bidang seperti seni, politik, ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Dalam banyak kasus, biografi juga dapat menginspirasi pembaca untuk mengejar prestasi dan mencapai kesuksesan dalam kehidupan mereka.

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Biografi Menurut Wikipedia

Berikut adalah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan pengertian biografi menurut Wikipedia beserta penjelasan secara detail.

1. Kelebihan Biografi Menurut Wikipedia:

– Akurat dan terpercaya: Wikipedia dianggap sebagai salah satu sumber informasi terpercaya dan diakses oleh jutaan orang setiap harinya. Sehingga, biografi yang ada di Wikipedia cenderung akurat dan dapat diandalkan.

– Informasi yang lengkap: Wikipedia menyediakan informasi yang komprehensif mengenai kehidupan seseorang, mencakup perjalanan hidup, karya, penghargaan, dan informasi penting lainnya.

– Dapat diakses dengan mudah: Wikipedia dapat diakses secara gratis dan mudah melalui internet, dimana saja dan kapan saja.

– Dilengkapi dengan referensi: Artikel biografi di Wikipedia biasanya dilengkapi dengan daftar referensi yang dapat dipertanggungjawabkan sehingga pembaca dapat melakukan penelusuran lebih lanjut jika diinginkan.

– Terus diperbarui: Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia online yang terus diperbarui oleh para sukarelawan pengguna. Sehingga, pengertian biografi menurut Wikipedia memiliki kesempatan untuk diperbarui secara berkala.

– Mendukung belajar dan penelitian: Biografi yang ada di Wikipedia dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk belajar, penelitian, atau pengembangan pengetahuan juga.

– Komunitas aktif: Wikipedia memiliki komunitas yang aktif yang dapat membantu memperbarui dan memperbaiki kesalahan pada artikel biografi, sehingga informasi yang disajikan dapat menjadi lebih baik.

2. Kekurangan Biografi Menurut Wikipedia:

– Kekurangan akurasi: Meskipun Wikipedia dianggap sebagai sumber terpercaya, namun informasi yang ada di Wikipedia dapat berubah seiring waktu dan sering kali tidak dapat dikonfirmasi secara mandiri.

– Tidak adanya kontrol keberadaan: Wikipedia tidak memverifikasi keberadaan hidup atau mati dari seseorang, sehingga bisa muncul biografi tentang seseorang yang ternyata tidak benar-benar ada atau sudah meninggal dunia.

– Potensi bias dan vandalisme: Wikipedia dapat diedit oleh siapa saja, sehingga terdapat potensi terjadinya bias atau vandalisme pada artikel biografi.

Tabel Pengertian Biografi Menurut Wikipedia

Topik Pengertian
Definisi Biografi Sebuah tulisan yang mendeskripsikan kehidupan seseorang dari sudut pandang pribadi, keluarga, dan lingkungan sekitarnya.
Tujuan Biografi Memberikan wawasan tentang perjalanan hidup, kiprah, dan kontribusi yang diberikan oleh seseorang dalam berbagai bidang.
Sumber Informasi Observasi, wawancara, surat, dokumen, dan sumber tertulis lainnya mengenai kehidupan seseorang.
Fokus Biografi Menceritakan perjalanan hidup dan prestasi seseorang dalam berbagai aspek kehidupan, seperti pekerjaan, pendidikan, dan hubungan pribadi.
Tipe Biografi Biografi kronologis, biografi tematis, biografi otobiografi, dan sebagainya.
Manfaat Biografi Menginspirasi pembaca untuk mengejar prestasi, memperoleh wawasan, dan menghormati kontribusi seseorang.
Penerbit Biografi Penulis, penerbit, dan penyunting yang berfokus pada genre tulisan biografi.

FAQ Mengenai Pengertian Biografi

1. Apa bedanya biografi dengan autobiografi?

Biografi ditulis oleh orang lain mengenai kehidupan seseorang, sedangkan autobiografi ditulis oleh orang tersebut sendiri.

2. Apakah Wikipedia bisa diandalkan sebagai sumber informasi biografi?

Wikipedia dapat dianggap sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan, namun tetap diperlukan kehati-hatian dan pengecekan dari sumber lain.

3. Apa manfaat membaca biografi?

Membaca biografi dapat memberikan wawasan, inspirasi, dan penghargaan terhadap kehidupan dan kontribusi seseorang.

4. Bagaimana cara menulis biografi dengan baik?

Untuk menulis biografi yang baik, penting untuk melakukan penelitian yang mendalam, mengumpulkan fakta, dan menulis dengan cerdas dan menarik.

5. Apakah biografi hanya menceritakan kehidupan seseorang yang terkenal?

Biografi dapat menceritakan kehidupan seseorang yang terkenal maupun tidak terkenal, bergantung pada minat pembaca dan objek yang ditulis.

6. Berapa lama biasanya menulis biografi?

Waktu yang diperlukan untuk menulis sebuah biografi bervariasi tergantung pada kompleksitas subjek dan tingkat penelitian yang dilakukan.

7. Apakah biografi bisa mengubah pandangan pembaca?

Ya, biografi dapat membantu pembaca melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda dan mengubah perspektif mereka.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan pengertian biografi menurut Wikipedia beserta kelebihan dan kekurangannya. Biografi adalah sebuah tulisan yang memberikan gambaran tentang kehidupan seseorang dari sudut pandang objektif. Wikipedia sebagai sumber terpercaya dalam dunia pengetahuan secara online menyediakan informasi yang akurat dan mudah diakses mengenai biografi. Namun, perlu diingat bahwa informasi di Wikipedia dapat berubah seiring waktu dan harus dikonfirmasi dengan sumber lain. Biografi memiliki manfaat besar, seperti memberikan inspirasi, wawasan, dan penghormatan terhadap orang yang diangkat dalam tulisan tersebut. Yuk, mulailah membaca biografi dan menggali lebih dalam mengenai kehidupan tokoh-tokoh inspiratif!

Walaupun Wikipedia menjadi sumber acuan, penting bagi pembaca untuk melakukan penelitian lanjutan dan pengecekan keandalan informasi yang terdapat dalam artikel biografi. Selalu perhatikan konteks, referensi, dan versi terbaru dari artikel tersebut. Artikel ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengertian biografi menurut Wikipedia. Mari kita terus menghormati karya dan perjalanan hidup orang-orang yang telah memberikan kontribusi besar dalam berbagai aspek kehidupan.

Disclaimer: Artikel ini bersifat informatif dan tidak dimaksudkan sebagai saran profesional atau pendapat pribadi. Tulisan ini hanya berdasarkan penelitian dan informasi yang ada saat diterbitkan. Pembaca disarankan untuk melakukan penelitian mandiri dan berkonsultasi dengan ahli sebelum mengambil keputusan yang berkaitan dengan topik yang dibahas.