jelaskan pengertian norma menurut soerjono soekanto

Pengantar

Halo selamat datang di “daewoong.co.id”. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas pengertian norma menurut Soerjono Soekanto. Sebelumnya, norma adalah salah satu konsep penting dalam bidang sosiologi yang menentukan aturan dan nilai-nilai yang diikuti oleh individu atau kelompok dalam masyarakat. Dalam konteks ini, Soerjono Soekanto, seorang sosiolog terkemuka, memiliki pandangan yang berharga tentang norma dan perannya dalam meningkatkan harmoni sosial. Mari kita jelajahi lebih lanjut!

Pendahuluan

Soerjono Soekanto adalah salah satu tokoh sosiologi terkemuka di Indonesia yang telah memberikan kontribusi besar dalam memahami norma dalam konteks sosial. Menurut Soekanto, norma adalah aturan-aturan yang ditetapkan oleh masyarakat untuk mengatur perilaku individu dalam kelompok sosial. Norma ini memiliki peranan penting dalam menjaga keteraturan sosial dan menghindari konflik antara individu atau kelompok dalam masyarakat.

Untuk lebih memahami pengertian norma menurut Soerjono Soekanto, perlu diperhatikan bahwa terdapat dua jenis norma, yaitu norma sosial dan norma hukum. Norma sosial adalah aturan-aturan yang secara tidak tertulis diterapkan oleh masyarakat untuk mengatur hubungan antara individu atau kelompok dalam masyarakat. Sedangkan norma hukum adalah aturan-aturan yang ditetapkan oleh negara dan memiliki sanksi hukum jika dilanggar.

Soekanto juga menjelaskan bahwa norma dapat dibedakan menjadi norma adat dan norma agama. Norma adat adalah aturan-aturan yang berkembang dalam masyarakat berdasarkan tradisi dan kebiasaan yang diwariskan dari generasi ke generasi. Norma agama, di sisi lain, adalah aturan-aturan yang berasal dari ajaran agama dan diikuti oleh umat beragama untuk mencapai kehidupan yang baik dan harmonis.

Selanjutnya, Soerjono Soekanto juga mengemukakan bahwa norma terdiri dari dua aspek, yaitu aspek normatif dan aspek empiris. Aspek normatif adalah aspek yang menunjukkan bagaimana seharusnya perilaku individu dalam masyarakat, sedangkan aspek empiris adalah aspek yang menggambarkan perilaku individu yang sebenarnya terjadi dalam masyarakat. Pemahaman terhadap dua aspek ini penting untuk memahami dinamika norma dalam kehidupan sehari-hari.

Norma menurut Soekanto juga dapat memiliki kelebihan dan kekurangan dalam konteks masyarakat. Kelebihan norma adalah bahwa mereka memberikan pedoman yang jelas bagi individu dalam berinteraksi dengan orang lain. Mereka juga membantu membangun dan menjaga harmoni sosial dalam masyarakat. Namun, norma juga dapat memiliki kekurangan, seperti ketidaksesuaian dengan perkembangan zaman atau masyarakat yang tidak konsisten dalam penerapan norma.

Dalam tabel berikut, kami akan merangkum semua informasi yang telah dijelaskan tentang pengertian norma menurut Soerjono Soekanto.

Jenis Norma Pengertian
Norma Sosial Aturan-aturan yang ditetapkan oleh masyarakat untuk mengatur perilaku individu dalam kelompok sosial secara tidak tertulis.
Norma Hukum Aturan-aturan yang ditetapkan oleh negara dan memiliki sanksi hukum jika dilanggar.
Norma Adat Aturan-aturan yang berkembang dalam masyarakat berdasarkan tradisi dan kebiasaan yang diwariskan dari generasi ke generasi.
Norma Agama Aturan-aturan yang berasal dari ajaran agama dan diikuti oleh umat beragama untuk mencapai kehidupan yang baik dan harmonis.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan mengenai pengertian norma menurut Soerjono Soekanto:

1. Apa definisi norma menurut Soerjono Soekanto?

Soerjono Soekanto menjelaskan bahwa norma adalah aturan-aturan yang ditetapkan oleh masyarakat untuk mengatur perilaku individu dalam kelompok sosial.

2. Apa perbedaan antara norma sosial dan norma hukum?

Norma sosial adalah aturan-aturan yang secara tidak tertulis diterapkan oleh masyarakat, sedangkan norma hukum adalah aturan-aturan yang ditetapkan oleh negara dan memiliki sanksi hukum jika dilanggar.

3. Apa peran norma dalam masyarakat?

Norma memiliki peran penting dalam menjaga keteraturan sosial dan menghindari konflik antara individu atau kelompok dalam masyarakat.

4. Apa yang dimaksud dengan norma adat?

Norma adat adalah aturan-aturan yang berkembang dalam masyarakat berdasarkan tradisi dan kebiasaan yang diwariskan dari generasi ke generasi.

5. Bagaimana pengaruh norma agama dalam kehidupan masyarakat?

Norma agama memiliki pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat, karena mereka memberikan pedoman moral dan etika bagi umat beragama.

6. Apa arti aspek normatif dalam norma menurut Soerjono Soekanto?

Aspek normatif menunjukkan bagaimana seharusnya perilaku individu dalam masyarakat.

7. Apa arti aspek empiris dalam norma menurut Soerjono Soekanto?

Aspek empiris menggambarkan perilaku individu yang sebenarnya terjadi dalam masyarakat.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan pengertian norma menurut Soerjono Soekanto dalam konteks sosial. Norma adalah aturan-aturan yang ditetapkan oleh masyarakat untuk mengatur perilaku individu dalam kelompok sosial. Terdapat beberapa jenis norma, seperti norma sosial, norma hukum, norma adat, dan norma agama. Norma memiliki peran penting dalam menjaga keteraturan sosial dan menghindari konflik. Namun, norma juga dapat memiliki kelebihan dan kekurangan dalam konteks masyarakat.

Kami harap artikel ini telah memberikan pemahaman yang jelas dan detail tentang pengertian norma menurut Soerjono Soekanto. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui formulir kontak di “daewoong.co.id”. Terima kasih telah membaca!

Kata Penutup

Artikel ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pengertian norma menurut Soerjono Soekanto. Namun, tetap perlu diingat bahwa setiap individu mempunyai pemahaman dan sudut pandang yang berbeda. Informasi yang disajikan dalam artikel ini didasarkan pada penelitian dan pandangan ahli, namun dapat berbeda dengan pendapat individu lain. Oleh karena itu, penting untuk selalu menggali pengetahuan lebih lanjut dan mempertimbangkan sudut pandang yang beragam dalam memahami konsep sosial seperti norma. Terima kasih telah membaca “daewoong.co.id”.