definisi kebudayaan menurut para ahli

Halo, Selamat Datang di “daewoong.co.id”

Di dalam dunia antropologi, kebudayaan merupakan salah satu konsep yang sangat penting dan dianggap sebagai ciri khas manusia. Kebudayaan menjadi salah satu faktor yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya di muka bumi ini. Namun, apa sebenarnya definisi kebudayaan menurut para ahli?

Pendahuluan

Sebagai manuscript yang berbasis penelitian yang tepercaya dan berwawasan luas, para ahli dalam bidang antropologi telah memberikan beragam definisi mengenai kebudayaan. Melalui artikel ini, kita akan lebih memahami definisi kebudayaan menurut para ahli serta menggali kelebihan dan kekurangan yang terkait dengan definisi ini.

Definisi pertama yang kami kutip adalah dari E.B. Tylor, seorang antropolog Inggris yang terkenal. Menurutnya, kebudayaan adalah keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan lain yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Sedangkan Clifford Geertz, seorang antropolog Amerika, mendeskripsikan kebudayaan sebagai sistem simbolik yang digunakan oleh manusia dalam memahami dunia di sekitar mereka dan dalam menyusun makna bagi tindakan-tindakan mereka.

Ahli antropologi lainnya, Marvin Harris, melihat kebudayaan sebagai suatu sistem yang terdiri dari infrastruktur, struktur sosial, dan superstruktur. Infrastruktur adalah segala aspek fisik dalam kehidupan manusia seperti teknologi dan kebutuhan dasar ekonomi. Struktur sosial mencakup hubungan dan peraturan dalam masyarakat, sedangkan superstruktur melibatkan aspek-aspek ideologi seperti kepercayaan dan sistem nilai.

Definisi kebudayaan menurut Leslie A. White, antropolog Amerika lainnya, mengatakan bahwa kebudayaan adalah sistem dari pola-pola yang menjadi tindakan manusia yang berdaulat yang dilakukan dalam masyarakat dan yang berhubungan dengan pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan lain yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kebudayaan adalah seperangkat norma, nilai, pengetahuan, kepercayaan, dan tindakan yang dimiliki dan dipraktekkan oleh sebuah kelompok manusia atau masyarakat. Definisi ini mencakup beragam aspek kehidupan seperti teknologi, nilai-nilai moral, seni, dan hukum.

Kelebihan dan Kekurangan Definisi Kebudayaan Menurut Para Ahli

Definisi-definisi yang telah disebutkan di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu kelebihannya adalah bahwa definisi-definisi tersebut memberikan gambaran yang jelas dan lengkap tentang beragam aspek kebudayaan yang ada. Para ahli telah mencakup aspek fisik, sosial, simbolik, dan ideologi dalam definisi mereka, memberikan pemahaman yang holistik tentang kebudayaan.

Namun, kelemahan dari definisi-definisi tersebut adalah bahwa mereka cenderung bersifat umum dan abstrak. Setiap kebudayaan memiliki ciri khas dan kompleksitas tersendiri, dan definisi-definisi umum ini tidak selalu mampu mencakup semua nuansa dan variasi yang ada. Definisi-definisi tersebut juga belum tentu mencerminkan perbedaan kultur antar negara dan masyarakat di dunia.

Berikut adalah tabel yang menggambarkan definisi kebudayaan menurut beberapa ahli:

Ahli Definisi
E.B. Tylor Keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan lain yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.
Clifford Geertz Sistem simbolik yang digunakan oleh manusia dalam memahami dunia di sekitar mereka dan dalam menyusun makna bagi tindakan-tindakan mereka.
Marvin Harris Sistem yang terdiri dari infrastruktur, struktur sosial, dan superstruktur. Infrastruktur adalah segala aspek fisik dalam kehidupan manusia seperti teknologi dan kebutuhan dasar ekonomi. Struktur sosial mencakup hubungan dan peraturan dalam masyarakat, sedangkan superstruktur melibatkan aspek-aspek ideologi seperti kepercayaan dan sistem nilai.
Leslie A. White Sistem dari pola-pola yang menjadi tindakan manusia yang berdaulat yang dilakukan dalam masyarakat dan yang berhubungan dengan pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan lain yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.

FAQ

Apa saja aspek-aspek kebudayaan yang tercakup dalam definisi-definisi tersebut?

Definisi-definisi tersebut mencakup aspek-aspek kehidupan manusia seperti pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan lain yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Apakah definisi-definisi tersebut mencakup perbedaan kultur antar negara?

Definisi-definisi tersebut bersifat umum dan tidak selalu mencerminkan perbedaan kultur antar negara. Setiap kebudayaan memiliki kompleksitas dan ciri khas tersendiri.

Apakah definisi-definisi tersebut dapat menjelaskan perbedaan budaya dalam masyarakat suatu negara?

Definisi-definisi tersebut dapat menjelaskan perbedaan budaya dalam masyarakat suatu negara. Kebudayaan mencakup beragam aspek kehidupan masyarakat, termasuk nilai-nilai moral, teknologi, dan hukum.

Apakah definisi-definisi tersebut mencakup aspek fisik dalam kehidupan manusia?

Definisi-definisi tersebut mencakup aspek fisik dalam kehidupan manusia, seperti teknologi dan kebutuhan dasar ekonomi. Marvin Harris mengidentifikasi aspek ini sebagai infrastruktur dalam kebudayaan.

Apakah ada perbedaan antara kebudayaan manusia dengan kebudayaan makhluk hidup lainnya?

Kebudayaan manusia membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya di muka bumi ini. Kebudayaan merupakan keseluruhan kompleks yang meliputi beragam aspek kehidupan manusia, seperti pengetahuan, kepercayaan, dan seni.

Bagaimana kebudayaan mempengaruhi tindakan manusia?

Kebudayaan merupakan sistem simbolik yang digunakan oleh manusia dalam memahami dunia di sekitar mereka dan dalam menyusun makna bagi tindakan-tindakan mereka. Kebudayaan memberikan kerangka pemahaman dan orientasi dalam kehidupan sehari-hari.

Apakah kebudayaan bisa berubah seiring waktu?

Ya, kebudayaan bisa berubah seiring waktu. Sebagai respons terhadap perubahan sosial, politik, dan ekonomi, kebudayaan dapat mengalami transformasi dan evolusi.

Kesimpulan

Melalui artikel ini, kita telah mempelajari definisi kebudayaan menurut para ahli yang terkenal dalam bidang antropologi. Kebudayaan dapat diartikan sebagai seperangkat norma, nilai, pengetahuan, kepercayaan, dan tindakan yang dimiliki dan dipraktekkan oleh sebuah kelompok manusia atau masyarakat. Definisi-definisi ini memberikan pemahaman yang holistik tentang kebudayaan, meskipun mereka memiliki kelemahan dalam hal ketidakmampuan mereka mencakup semua nuansa dan variasi yang ada.

Dalam pembentukan suatu kebudayaan, terdapat kelebihan dan kekurangan dalam definisi yang digunakan. Kelebihannya adalah memberikan gambaran yang jelas dan lengkap tentang beragam aspek kebudayaan. Namun, kelemahannya adalah definisi yang umum dan abstrak, tidak selalu mampu mencakup semua nuansa dan variasi yang ada.

Dengan pemahaman yang kita peroleh tentang definisi kebudayaan, kita dapat lebih menghargai dan memahami keberagaman dalam kehidupan manusia. Kebudayaan memiliki peran penting dalam membentuk identitas individu dan masyarakat, serta mempengaruhi tindakan dan interaksi manusia dengan lingkungannya.

Jadi, mari kita terus belajar dan memahami kebudayaan dalam upaya untuk hidup harmonis dan saling menghargai dalam masyarakat yang multikultural ini.

Terima kasih telah membaca artikel ini di “daewoong.co.id”. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dalam memahami definisi kebudayaan menurut para ahli.

Disclaimer: Artikel ini disusun berdasarkan penelitian dan referensi yang tepercaya, namun tetap subjektif dan terbuka untuk pembahasan lebih lanjut.